Cloud Computing Untuk Masa Depan

Di zaman serba digital seperti sekarang, banyak sekali platform aplikasi yang sudah beralih menggunakan cloud computing sehingga kita bisa mengaksesnya dari mana saja. Cloud computing itu sendiri merupakan sebuah komputasi yang menyediakan hardware dan software untuk user namun ditransmisikan menggunakan internet.

Dengan adanya Cloud Computing, kemampuan hardware dari sebuah perangkat bisa dikesampingkan, karena hanya dengan adanya koneksi internet, kita bisa membuka berbagai macam aplikasi tanpa perlu memikirkan spesifikasi komputer yang kita miliki. Tentu saja tidak hanya berhenti di penerapan untuk sebuah aplikasi, Cloud Computing mempunyai tiga model service, yaitu ada SaaS, PaaS, dan IaaS. Ketiganya mempunyai fungsi yang berbeda beda.

  • SaaS (Software as a service) menjadi salah satu service dari Cloud Computing yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari hari, SaaS ini sangat akrab dengan kehidupan online seperti sekarang. Jadi SaaS ini secara sederhana adalah membuka sebuah aplikasi hanya dengan bermodalkan web browser dan koneksi internet yang kita miliki, beberapa SaaS yang sering sekali kita gunakan adalah Google Docs untuk pengolah kata dan Figma untuk design UI/UX.
  • PaaS (platform as a service), service Cloud Computing yang satu ini adalah dengan menyewa sebuah platform yang kita butuhkan tanpa perlu memilikinya secara fisik, karakteristik umum dari PaaS adalah disediakan processor, memory dan storage, bisanya penggunaan dari PaaS ini adalah penyewaan VPS dan penyewaan server lainnya. Penerapan PaaS ini contohnya pada heroku.com
  • IaaS (Infrastructure as a service). Service ini juga akrab dengan kegiatan sehari hari, ketika menggunakan sebuah infrastruktur komputer untuk kebutuhan, kita hanya perlu mengaksesnya lewat internet, contohnya adalah menggunakan Google Drive. Kita menggunakan infrastruktur penyimpanan dari Google dan diakses di mana pun menggunakan internet.

Dari segi teknologi, Cloud Computing sudah terbilang maju, namun apakah Cloud Computing juga berpengaruh di segi ekonomi?

Cloud computing bisa digunakan untuk menekan budget dari sebuah perusahaan, karena dengan menggunakan Cloud Computing perusahaan tidak usah repot-repot untuk maintenance infrastruktur, karena maintenance dari Cloud Computing sepenuhnya berada di penyedia platform Cloud Computing tersebut. Tidak hanya itu scale up dari sistem juga mudah, perusahaan tidak usah bingung apa saja yang harus di upgrade untuk scale up system, perusahaan hanya perlu memilih paket service lain dari penyedia platform Cloud Computing. Oleh karena itu, Cloud Computing merupakan suatu platform yang sangat menjanjikan untuk masa depan perusahaan di dunia digital seperti sekarang. Yuk, digitalkan bisnis kamu sekarang bersama Nemolab Custom Software Developer.

Sumber Thumbnail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website