Berkenalan dengan 5G, Teknologi Baru di Depan Mata.

Perkembangan teknologi dalam sepuluh tahun terakhir sangat lah cepat, tidak terkecuali di bidang telekomunikasi yang terus berkembang dimulai dari 1980 hingga sampai saat ini. Rasanya belum lama kita memasuki era 4G yang sudah sangat mumpuni untuk berkomunikasi lewat smartphone yang kita miliki, namun era yang baru sudah datang lagi. Yaitu era 5G, yang sebenarnya teknologi 5G ini sudah mulai diperkenalkan pada juli tahun 2016. Tentu saja 5G akan membawa sebuah teknologi yang lebih mumpuni lagi dari 4G. Era 5G ini bisa dikatakan dimulai ketika dalam satu tahun terakhir beberapa perusahaan smartphone sudah menyematkan teknologi 5G dalam smartphone mereka, yang nantinya akan terus memaksa infrastruktur di berbagai belahan dunia untuk lebih berkembang lagi agar bisa mengikutinya. 5G membawa segudang teknologi baru yang sangat mutakhir untuk mendukung kegiatan kita saat ini, mari kita bahas!

Secara garis besar, teknologi 5G memiliki beberapa keuntungan, seperti latency (gangguan) pada jaringan yang rendah bisa mencapai 1ms, kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan juga daya tampung jaringan yang lebih besar.

Dengan ketiga keunggulan utama yang dimiliki oleh 5G, tentu saja hal ini akan membuat konsumsi konten di internet lebih gampang lagi untuk diakses dan dinikmati setiap harinya. Tidak menutup kemungkinan dengan tiga keunggulan tadi, bisa juga teknologi 5G diaplikasikan di berbagai hal lain dalam kehidupan, misalnya kontrol alat dari jarak jauh, dan berbagai teknologi terapan remote access.

Dengan adanya teknologi tersebut 5G digadang-gadang mampu ikut mendorong era revolusi industri 4.0 agar bisa berkembang lebih cepat lagi. 

Banyak engineer yang sudah mulai bereksperimen dengan teknologi 5G untuk berbagai kebutuhan industri. Karena tidak dipungkiri lagi, IoT sudah menjadi bagian dari hidup kita saat ini, dengan adanya teknologi 5G yang lebih cepat dan daya tampung jaringan yang lebih besar, tentu saja teknologi ini bisa terus diteliti untuk diterapkan dalam berbagai perangkat Iot yang ada saat ini.

Dengan kecepatan yang tinggi dan latency yang sangat rendah, teknologi 5G bisa membuka beberapa inovasi baru di bidang teknologi, contohnya mungkin dalam beberapa tahun kedepan, kita sudah bisa menikmati layanan cloud gaming dengan mudahnya dari rumah kita dengan mengandalkan jaringan yang ada pada smartphone kita.  Era cloud gaming sudah dimulai oleh google stadia, namun tidak semua kalangan bisa menikmatinya, karena jaringan untuk mengakses google stadia harus benar-benar sangat cepat, mungkin dengan adanya 5G ini, google stadia akan lebih mudah dijangkau oleh semua kalangan.

Jadi seberapa lama lagi kita bisa menikmati 5G?

Sebenarnya sudah banyak smartphone di pasaran yang sudah mendukung jaringan 5G ini, namun yang jadi masalah pada saat ini adalah infrastruktur telekomunikasi yang masih belum bisa mendukung jaringan 5G ini. Di Indonesia ini, masih terjadi proses lelang oleh pemerintah untuk frekuensi 5G yang akan dipakai oleh provider telekomunikasi. Jadi mungkin kita harus menunggu beberapa tahun lagi untuk benar benar bisa menikmati teknologi 5G di berbagai penjuru daerah.

Sumber 1, sumber 2, sumber 3, sumber 4. Sumber thumbnail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website