Belajar Start-Up dari drama Start-Up

Tren menonton drama Korea sudah menjadi hobi yang sangat digemari banyak orang terutama di masa pandemic ini. Dan akhir-akhir ini dunia per-dramaan tengah di gemparkan oleh drama Start-Up yang diperankan oleh Bae Suzy dan Nam Joo Hyuk. Drama ini sendiri adalah drama seri Korea yang disiarkan di tvN setiap sabtu-minggu. Perlu diketahui banhwa Start-up sendiri dalam bahasa Indonesia berarti perusahaan rintisan yang memiliki makna merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat

Banyak hal menarik dari film ini dimulai dari plot ceritanya solid. Untuk episode pertama, narasi cerita bisa digambarkan dengan lugas, tidak bertele-tele dan tema utama cerita yang disampaikan langsung bisa dimengerti, pesan-pesan moral disampaikan dengan kisah yang mengikat emosi dengan takaran yang tidak banyak dramatisasi, tidak hanya itu akting para pemainnya pun yang bagus. Selebihnya drama start-up berfokus pada kisah perjuangan sekelompok anak-anak muda dalam perjalanan memulai bisnis rintisan yang dinaungi oleh Sand Boxlengkap dengan segala detail latar belakangnya, lika-liku, dan juga bangunan konflik yang masih terkait dengan bisnis sekaligus drama ini memberikan tips-tips bagaimana seharusnya memulai usaha rintisan, persiapan seperti apa yang harus dimiliki, dan sebagainya serealistis mungkin. Meskipun terdapat kisah cinta didrama ini, tapi bukanlah merupakan fokus utama cerita melainkan hanya sebagai penyegar cerita saja. Karakterisasi terbaik didrama ini adalah karakter Han Ji Pyeong. Dari episode pertama, perkenalan karakter Han Ji Pyeong sudah diberikan gambaran kuat baik mengenai pribadinya maupun perjuangannya yang luar biasa keren. Ji Pyeong terlihat manusiawi dan realistis. Didukung dengan akting Kim Seon Ho yang bagus, pembawaannya sebagai Han Ji Pyeong yang baik, tegas, rasional dan realistis, sangat pas. Emosinya juga pas. Setelah menonton ini kita bisa merasakan apa yang Ji Pyeong rasakan setiap kali dia mengekspresikan emosinya baik senang, marah, kesal, dan sebagainya.

Nah orang yang paling beruntung didrama ini adalah Seo Dal Mi. Karena dia pemeran utama tentunya. Diantara banyak keberuntungan yang dimilikinya salah satunya adalah dikelilingi dua pria tampan yang baik Han Ji Pyeong dan Nam Do San. Nah kalian tim siapa nih? Dal Mi – Do San atau Dal Mi – Han Ji Pyeong? hehe

Tapi tetap saja ini merupakan sebuah drama hiburan saja. Realitanya membangun usaha start-up tidak semudah seperti yang ada pada gambaran drama. Ada banyak lika-liku persoalan yang dihadapi banyak pengusaha ketika menjalankan perusahaan rintisan.  Dilansir dari CB Insights setelah mereka melakukan post-mortem analysis terhadap perusahaan rintisan yang mati, ada tiga alasan teratas yang harus diawasi antara lain:

  1. Solusi atau produk yang ditawarkan tidak memiliki pasar yang cukup besar untuk men-generate traction yang dibutuhkan untuk mengembangkan perusahaan ke tahap selanjutnya. Biasanya, Founder dari organisasi seperti ini karismatik akan tetapi delusional.
  2. Kehabisan bahan bakar. Terlalu fokus terhadap akuisisi pelanggan, melakukan pengeluaran yang tidak perlu, mulai mengembangkan tim diluar kebutuhan primer, atau hilang fokus, merupakan sebagian kecil alasan yang biasa terjadi.
  3. Tidak memiliki tim yang solid. Mengembangkan perusahaan rintisan membutuhkan tim yang solid dan memiliki visi yang sama. Perusahaan yang memiliki kultur yang lemah biasanya akan mudah disapu oleh persaingan.

Penting untuk mengetahui apa masalah yang berusaha untuk diselesaikan oleh sebuah perusahaan rintisan. Tetapi balik lagi dari drama Start-Up kita sebagai anak muda bisa belajar untuk tetap gigih dan semangat dalam memperjuangkan mimpi dan bermanfaat pula bagi banyak orang. Follow your dream!!✨  apapun yang terjadi, yang penting harus yakin dan berani. Hakuna Matata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website