Begini nih cara cepat buat Website jadi Aplikasi Desktop di banyak Sistem Operasi

Begini nih cara cepat buat Website jadi Aplikasi Desktop di banyak Sistem Operasi

Semangat Pagi untuk Purwokerto dan para pembaca setia Nemolab, kali ini kita akan berbagi cara bagaimana bikin website jadi aplikasi desktop di berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux dan macOS. Menggunakan apa ya itu? Hmmm kita kasih jeda ya….

OK sepertinya beberapa sudah banyak yang tau ya, yup menggunakan Framework bernama ElectronJS, framework yang dengan cerdas dapat membungkus teknologi website seperti HTML, CSS dan Javascript jadi Aplikasi Desktop.

Untuk Sistem Operasi yang digunakan contoh kali ini yaitu macOS dan bisa menghasilkan Aplikasi Desktop untuk ketiga OS seperti Windows, Linux dan masOS, hemat tenaga yah. Agar bisa menggunakan electron kita perlu install/pasang dulu NodeJS.

Pastikan sistem operasi kita sudah berhasil dipasang NodeJS, buka aplikasi terminal dan ketikan perintah berikut:

Selesai memastikan NodeJS terpasang, buatlah folder/direktori bebas bisa dimanapun, misalnya saja dalam folder Dokumen dalam komputer anda, bisa menggunakan aplikasi terminal dengan perintah berikut :

Lalu masuk atau berpindah kedalam folder/direktori yang sudah di buat tadi dengan memasukkan perintah berikut :

Ini yang ditunggu, untuk membuat website menjadi desktop kita perlu tools electron yang namanya Nativefier, pasang dengan memasukkan perintah berikut dalam aplikasi terminal :

Dan sekarang perintah terakhir agar membuat website kita menjadi aplikasi desktop, ada beberapa parameter yang dimasukkan agar hasilnya pas menjadikan website kita aplikasi desktop di sistem operasi yang seperti apa.

Ini hasil dari ketiga aplikasi desktop untuk 3 sistem operasi s.id/nemolabdesktop

Selesai, terima kasih berkomentar ya jika berhasil boleh kok taruh link unduhan aplikasi desktopnya ^_^

PT Nemolab Nusa Infomedia

Jl. Raya Baturaden, Pabuwaran, Pabuaran, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124

Telp/WA : 0811 2607 090

Pembayaran

© PT Nemolab Nusa Infomedia 2019. Developed by nemolab.id

×
×

Cart