Awas Dibobol, Kenali WPA Sebagai Pilihan Keamanan

Sumber gambar : cleanpng.com

Perkembangan teknologi kini semakin canggih, salah satunya ditandai dengan semakin maraknya penggunaan WiFi. Terutama bagi generasi Y&Z pasti sudah tidak asing lagi dengan kata tersebut. Alasannya tentu saja karena mempermudah aktivitas sehari-hari. Secara sederhana WiFi atau Wireless Fidelity yaitu sebuah media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang bisa digunakan untuk komunikasi atau mentransfer Program dan data dengan kemampuan yang sangat cepat. Tahukah kamu jika WiFi memerlukan protokol keamanan yang tepat? Untunglah hadir WPA sebagai salah satu pilihan keamanan WiFi.

Pengertian WPA

WPA (Wi-Fi Protected Access) adalah suatu sistem yang juga dapat diterapkan untuk mengamankan jaringan nirkabel. Metoda pengamanan ini diciptakan untuk melengkapi dari sistem yamg sebelumnya, yaitu WEP. Para peneliti menemukan banyak celah dan kelemahan pada infrastruktur nirkabel yang menggunakan metoda pengamanan WEP. Sebagai pengganti dari sistem WEP, WPA mengimplementasikan layer dari IEEE, yaitu layer 802.11i. Nantinya, WPA akan lebih banyak digunakan pada implementasi keamanan jaringan nirkabel. WPA didesain dan digunakan dengan alat tambahan lainnya, yaitu sebuah komputer pribadi (PC).

Keunggulan

WPA hadir sebagai penerus WEP akibat kelemahan dari sistem tersebut. WPA didesain dengan komponen enkripsi Temporal Key Integrity Protocol (TKIP) yang kemudian digantikan oleh Advanced Encryption Standard (AES). Sehingga disebut juga sebagai security yang lebih update dari WEP. WPA-PSK mempunyai decryption yang ada pada WEP. WPA adalah model kompatible dengan spesifikasi standar draf IEEE 802.11i. Kehadirannya yang menggantikan WEP mungkin membuat pengguna wireless sedikit lebih tenang karena mempunyai mekanisme enkripsi yang lebih kuat dari pada WEP. Mungkin saat ini sudah ada yang mampu memecahkan enkripsi WPA, tetapi tetap memerlukan waktu yang lama untuk memecahkan enkripsi tersebut. Namun bukan tidak mungkin seiring berkembangnya ilmu dan teknologi suatu saat akan dengan mudah di pecahkan dalam waktu yang lebih cepat.

Cara kerja

Pengamanan jaringan nirkabel dengan metoda WPA ini, dapat ditandai dengan minimal ada tiga pilihan yang harus diisi administrator jaringan agar jaringan dapat beroperasi pada mode WPA ini. Ketiga menu yang harus diisi tersebut adalah:

  1. Server
    Komputer server yang dituju oleh akses point yang akan memberi otentikasi kepada client. beberapa perangkat lunak yang biasa digunakan antara lain freeRADIUS, openRADIUS dan lain-lain.
  2. Port : Nomor port yang digunakan adalah 1812.
  3. Shared Secret, yaitu kunci yang akan dibagikan ke komputer dan juga kepada client secara transparant.

Setelah komputer diinstall perangkat lunak otontikasi seperti freeRADIUS, maka sertifikat yang dari server akan dibagikan kepada client.

Untuk menggunakan Radius server bisa juga dengan tanpa menginstall perangkat lunak di sisi komputer client. Cara yang digunakan adalah Web Authentication dimana User akan diarahkan ke halaman Login terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan Jaringan Wireless. Dan Server yang menangani autentikasi adalah Radius server.

Sebenarnya masih banyak tipe keamanan WiFi lainnya. Semakin lama semakin banyak tipe keamanan WiFi yang diperbarui, termasuk WPA. Pembaruan tersebut dilakukan agar bisa menangani kelemahan pada versi sebelumnya. Pada intinya sistem keamanan jaringan perlu diterapkan secara tepat agar terhindar dari segala jenis pembobolan.

Bagi para pengguna internet, kini tak perlu khawatir mengahadapi segala macam permasalahan dunia digital. Nemolab hadir sebagai mitra, sehingga bisa menangani permasalahan tersebut. Memberikan jasa pelayanan pembuatan aplikasi mobile, pembuatan aplikasi web, pembuatan website, dan masih banyak lagi. Informasi lebih lengkap silahkan kunjungi nemolab

Sumber :

https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/Wireless_security&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp&prev=search

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi_Protected_Access

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website