Apple Dan Google Kerjasama Untuk Melacak Penyebaran Virus Corona

Apple dan Google resmi mengumumkan kerjasama teknologi mereka dalam memerangi COVID-19 yaitu dengan membuat teknologi contact tracing atau pelacakan kontak demi mengidentifikasi dan mencegah penyebaran COVID-19 di dunia.

Dalam teknologi ini akan memanfaatkan teknologi Bluetooth untuk membantu pemerintah dan lembaga kesehatan dalam hal mengurangi penyebaran virus. Tentunya privasi dan keamanan pengguna menjadi hal utama untuk diprioritaskan. 

Sistem ini memungkinkan pengguna untuk berbagi data melalui transmisi Bluetooth Low Energy (BLE) dan aplikasi yang disetujui organisasi kesehatan. jadi , cara kerja sistemnya yaitu akan menggunakan komunikasi jarak pendek bluetooth untuk membangun jaringan pelacakan kontak yang dapat melacak data dari ponsel yang berada disekitarnya.

Aplikasi resmi dari otoritas kesehatan setempat akan memiliki akses terhadap data ini dan pengguna yang mendownload-nya bisa melaporkan lewat aplikasi itu apabila dirinya didiagnosis positif COVID-19. Setelah itu, sistem akan memperingatkan orang-orang yang juga mempunyai aplikasi itu saat dirinya berada di dekat orang yang positif COVID-19.⁣

Baca Juga: Pentingnya Kemasan Produk Bagi Usaha Bisnis

Ada 2 langkah yang akan digunakan dalam kondisi mendesak ini dan tetap fokus pada perlindungan privasi pengguna.

Pertama, pada bulan Mei, kedua perusahaan akan merilis API yang tersambung antara perangkat Android dan iOS menggunakan aplikasi dari otoritas kesehatan masyarakat.  

Aplikasi resmi ini akan tersedia bagi pengguna untuk diunduh melalui app store dan play store.

Kedua, dalam beberapa bulan mendatang, Apple dan Google akan bekerja untuk mengaktifkan platform penelusuran kontak berbasis Bluetooth yang lebih luas dengan membangun fungsi ini ke dalam platform yang mendasarinya.

Ini adalah solusi yang lebih kuat daripada API dan akan memungkinkan lebih banyak orang untuk berpartisipasi, jika mereka memilih untuk ikut serta, memungkinkan interaksi dengan ekosistem aplikasi dan otoritas kesehatan pemerintah yang lebih luas.

Baca Juga: Mengenal Facebook Ads

Dan dalam momen ini, Apple dan Google percaya bahwa tidak pernah ada momen yang lebih penting untuk bekerja sama untuk menyelesaikan salah satu masalah paling mendesak di dunia.

Harapannya kerjasama dan kolaborasi ini juga dapat didukung oleh pengembang aplikasi pihak ketiga, pemerintah dan penyedia layanan kesehatan.

Tujuan utama yang ingin dicapai adalah membantu negara-negara di seluruh dunia memperlambat penyebaran COVID–19 dan mempercepat kembali ke kondisi normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Komisaris Bambang Suprapto No. 70, Cigrobak, Purwokerto Lor, Kec. Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53114

0811-260-7090

info@nemolab.id

Tinggalkan Pesan

Copyright © 2020. All Rights Reserved by Nemolab