Apakah Teknologi di Indonesia Sudah Memadai?

Semakin hari semakin bergantung masyarakat akan teknologi, baik dalam pekerjaan domestik hingga pekerjaan lapangan. Karena teknologi diciptakan guna mempermudah pekerjaan masyarakat dalam kesehariannya. 

Internet sebagai salah satu produk teknologi paling berpengaruh secara khususnya pada anak-anak hingga remaja. Bagaimana tidak, mulai dari Maret mereka sudah menerapkan aturan yang mengharuskannya belajar jarak jauh. Para pengajar pun menyiasatinya dengan melakukan pengajaran via video konferensi.

Tidak semua siswa beruntung merasakan jaringan internet yang stabil walaupun pemerintah sudah mensubsidi internet bagi para pelajar per bulan September. Karena stabilitas internet juga dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti cuaca, lokasi, dan masih banyak lagi.

Dari segudang permasalahan yang dikeluhkan masyarakat, dapat terangkum 3 jenis permasalahan yang sering timbul saat mengoperasikan internet di Indonesia

  1. Geografis

Seperti yang diketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu dari sekian negara di dunia yang berbentuk kepulauan. Menjadi keuntungan sekaligus kerugian bagi pemerintah dalam mengatur SDA dan SDMnya. 

Masalah geografis sebagai salah satu faktor masalah dalam mewujudkan kualitas internet yang stabil dan merata. Menjadi tugas bagi pemerintah bahwasanya masih ada daerah yang tidak terpencil namun tidak bisa dicakup oleh jaringan 4G. Ditambah lagi daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) yang masih sulit digapai bagi pemerintah untuk mewujudkan infrastruktur teknologi.

  1. Kualitas Internet

Permintaan masyarakat akan internet membludak, dikhawatirkan penawaran tidak akan memenuhi target. Hal ini membuat kualitas internet Indonesia masih tertinggal. Selain itu juga sedikitnya penggunaan fiber optik di Indonesia yang mendukung penurunan kualitas Internet. 

Sehubung dengan permintaan besar terhadap internet, pemerintah harus siap untuk menyediakan kebutuhan yang membantu proses penawaran. Tidak dapat dipungkiri, internet bukan lagi sebagai kebutuhan tersier. Segala aktivitas manusia saat ini selalu berkaitan dengan internet.

  1. Masyarakat

Hal ini sering ditemukan di berbagai penjuru kota. Tidak semua orang mempunyai kapasitas membeli paket internet selayaknya membeli kebutuhan sehari-hari. Paket provider yang ditawarkan tidaklah murah, selain itu juga layanan Wireless Fidelity (Wifi) tidaklah murah. Beberapa kasus di Indonesia sering menggambarkan ketidakmampuan orang tua para pelajar membeli paket guna mendukung program Pembelajaran Jarak Jauh  (PJJ). 

  1. Regulasi

Penetapan pemerintah terkait regulasi internet masih jarang digunakan. Pasalnya regulasi ini berguna untuk mengatur penyedia internet serta pihak lainnya demi mewujudkan Indonesia yang merata. Tidak secara infrastruktur, digitalisasi Indonesia juga harus mencakup dari Sabang-Merauke. Dengan tegasnya regulasi bisa mendorong pihak lain mewujudkan fasilitas internet bagi seluruh warga Indonesia

Internet tidak terbatas untuk kepentingan formal, dalam kesehariannya pun mulai dari pelajar hingga pekerja membutuhkan internet. Zaman Internet of Things membuat pelajar dan pengajar dimudahkan dalam mencari informasi. Karena internet sebagai salah satu produk globalisasi sangat menguntungkan Indonesia sebagai negara berkembang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website