Profesi Hukum
AI tidak seharusnya dapat menggantikan pekerjaan yang membutuhkan logika seperti pekerjaan hukum. Bagi seorang pengacara, AI dapat membantu penelitian dan strategi, tetapi tidak untuk keterampilan presentasi.
Selain itu, aturan dan algoritma dalam penegakan hukum tidak dapat dengan mudah disesuaikan situasi dan konteks tertentu. Sehingga, kemampuan manusia sangat dibutuhkan di bidang ini.
Keamanan Cyber
Kasus penyerangan siber atau peretasan menjadi persoalan yang marak terjadi. Karena itu, mereka yang bekerja di bidang keamanan siber tidak bisa digantikan AI, karena masih sangat membutuhkan manusia yang tentu saja dilengkapi perangkat teknologi.
Pilot
Pesawat tanpa pilot manusia mungkin tidak masalah jika dalam keadaan normal, tetapi ketika terjadi masalah teknis, intuisi manusia tidak dapat digantikan AI walaupun kecerdasan buatan memang dirancang untuk mengikuti protokol.
Artisan
Pekerjaan selanjutnya yang tidak mungkin digantikan AI adalah artisan. Mengutip KBBI, artisan merupakan seorang ahli dalam membuat kerajinan tangan seperti barang-barang fungsional atau dekoratif.
Sebagian besar orang juga akan sangat menghargai unsur manusiawi dalam pekerjaan tersebut atau dalam membuat kerajinan tangan. Beberapa orang bahkan akan membayar lebih untuk barang-barang yang merupakan buatan tangan daripada buatan mesin.
Dokter Atau Pekerjaan Medis dan Kesehatan
Meskipun kini manusia bisa menggunakan teknologi untuk pengingat janji, pengisian ulang resep, survei pasien, pemeriksaan tanda-tanda vital (menggunakan perangkat wearable), penyatuan catatan medis, dan sebagainya. Namun, perawatan yang sebenarnya atau pemberian diagnosis, pengobatan, dan operasi merupakan tindakan yang tidak boleh dilakukan AI.
Sehingga profesi dokter memang tidak bisa tergantikan. Pasalnya, penyakit yang berbeda dapat memiliki gejala sangat mirip, dan jika menggunakan sistem AI yang otomatis, diagnosis yang diberikan bisa saja berbeda atau tidak sesuai gejala yang ditimbulkan.
Sales
Pekerjaan sebagai sales atau bidang penjualan juga tidak bisa tergantikan. Bisa dilihat dari aspek membangun hubungan, empati, dan penyelesaian masalah, yang hanya dapat dilakukan manusia.
AI di bidang ini bisa digunakan untuk mengurus administrasi yang memakan waktu dan memudahkan analisis data. Termasuk membantu memudahkan transaksi bagi pelanggan, namun tidak dengan keahlian persuasi.
Wartawan
Walau teknologi sudah semakin berkembang, perusahaan seharusnya tidak menggunakan mesin untuk mewawancarai seseorang, baik untuk pekerjaan, sebagai vendor, atau mitra bisnis.
Manusia juga tetap harus bekerja satu sama lain. Terutama dalam proses wawancara membutuhkan nuansa dan wawasan yang berasal dari penilaian personal, bukan otomatis seperti dalam AI.
Customer Care
Pekerjaan customer care juga akan sangat baik jika tidak tergantikan dengan AI. Teknologi seharusnya memudahkan customer care dalam pekerjaannya, sehingga mereka dapat menghabiskan lebih banyak waktu membangun hubungan dengan pelanggan.
Ketika pelanggan membutuhkan bantuan atau memiliki pertanyaan, mendapatkan perhatian personal dari manusia akan membangun kepercayaan dan kredibilitas. Selain itu, setiap interaksi dengan pelanggan merupakan kesempatan untuk mempelajari target pasar perusahaan.
Jurnalis
Meskipun kemungkinan besar seorang penulis berita atau laporan bisa dapat digantikan AI, namun hasil akhir adalah penentu. AI hanya diberikan keunggulan dalam mengetik dan mencatat.
Tetapi AI tidak memiliki ide-ide yang bisa dikembangkan dan disalurkan untuk bahan informasi berita yang akan dibawa. Sebab, seorang jurnalis juga masih membutuhkan ide-ide menarik yang dihasilkan sumber daya manusia itu sendiri.