Apa Kabar Google Loon untuk Indonesia?

Jaringan sudah berkembang menjadi 5G, tetapi tidak semua masyarakat Indonesia bahkan merasakan keberadaan internet. Masih ada sekitar 11% daerah blankspot di Indonesia, hal tersebut dilansir dari Kominfo. Memajukan Indonesia salah satu caranya dengan memajukan SDM, yang mana mereka juga harus dibekali literasi digital. Selama ini internet hanya sebagai hak istimewa masyarakat di perkotaan. 

Bukan lagi kendala finansial, problematika blank spot di Indonesia disebabkan tidak terjangkaunya internet. Padahal di tahun 2020, pemerintah merencanakan Indonesia merdeka internet. Meratanya internet menjadi salah satu indikator majunya suatu negara. Karena secara tidak langsung proses adaptasi globalisasi akan merata dirasakan oleh masyarakat tanpa terkecuali, tetapi juga memiliki efek samping pada perubahan budayanya. 

Google sebagai perusahaan swasta internasional yang bergerak di bidang teknologi sempat mencanangkan produknya untuk Indonesia secara khusus mereka yang belum merasakan internet di daerahnya, dinamakan dengan Project Loon.

Project Loon

Tampilan fisik dari Google Loon seperti balon udara yang memproyeksikan pemerataan infrastruktur internet bagi daerah terpencil di seluruh dunia, salah satunya di Indonesia. Kabar ini sempat viral dibicarakan di tahun 2015, yang mana Google menggaet provider, Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata. Tetapi di tahun tersebut tidak adanya izin mengudaranya gawai tersebut.

Pada awal tahun 2021, XL Axiata dan Indosat Ooredoo yang menjadi provider pendukung proyeksi Google di Indonesia. Tetapi pada akhirnya dikonfirmasi bahwa a proyek yang dinaungi oleh perusahaan Alphabet ini diberhentikan karena faktor ekonomi. Bertahun-tahun berjuang melawan regulasi penerbangan di Indonesia, terkait izin terbang balon udara serta proses adaptasi kegiatan mengudara di Indonesia. Salah satu pernyataan dari Kepala Lab Penelitian X mengaku bahwa proyek ini tidak berpotensi untuk menjadi nilai komersial dan beresiko, dikhawatirkan jalannya Google Loon membawa kerugian bagi perusahaan.

Google Loon sendiri menjadi rancangan proyek memajukan teknologi yang cukup menjanjikan. Dinaungi oleh Alphabet, yang mana menjadi perusahaan internasional raksasa di bidang teknologi sebagaimana tidak dapat diragukan lagi. Ketertarikan Google pada kondisi Indonesia serta perhatian para perusahaan provider lokal patut diacungi jempol. Walaupun proyek ini tidak dilaksanakan, terbukti bahwa perusahaan swasta pun pastinya turut serta mengembangkan infrastruktur Indonesia di bidang teknologi. Demi terwujudnya Indonesia merdeka internet, pemerintah harus memutar otak kembali. Antara lainnya melakukan kerjasama, memanfaatkan teknologi satelit yang dimiliki oleh Indonesia. Ataupun melakukan elaborasi gagasan dengan perusahaan swasta dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website