Apa Itu Domain dan Macam – Macamnya

Apa Itu Domain dan Macam – Macamnya

Apakah percakapan di atas terasa familiar? Terutama kalau kalian tidak terlalu paham dengan dunia IT. Padahal “alamat website” yang dimaksud itu punya istilahnya sendiri. Yaitu, domain! Nah di artikel ini kita akan bahas tentang macam-macam domain.

Dari alamat website yang biasa kita akses, bisa diidentifikasikan menjadi 3 bagian, yaitu: world wide web, nama domain, dan top level domain.

Yuk kita bahas satu per satu. WWW adalah ruang informasi di internet. Di “ruang” ini, tersedia data dan informasi apapun dari manapun. Setiap orang dari seluruh dunia dapat mengaksesnya, tanpa batasan jarak maupun waktu.

Informasi apa yang terkandung dalam www ini? Tentu saja banyak. Beberapa di antaranya adalah suara, video, gambar, dll. Sistem ini mengirim dan menyebar data lewat jaringan internet untuk seluruh penjuru dunia.

Nah, kalau nama domain adalah nama yang dipakai untuk mengidentifikasi sebuah website. Nama domain ini juga biasa disebut second level domain (SLD). Sedangkan third level domain adalah nama yang ada di sebelah kiri SLD, atau biasa disebut subdomain. Contoh: nama domain yang didaftarkan adalah nemolab.id. Bisa ditambahkan nama lain sebelum nemolab, my.nemolab.id. Pada umumnya, nama yang dipakai adalah representasi dari identitas institusi atau brand bisnis.

Memilih nama domain pun ada tips dan triknya. Sesuaikan isi website dengan nama yang dipilih. Contohnya kalau web kalian membahas resep masakan, bisa menggunakan nama domain makanenak, 101resepsehat, dll. Bisa juga ditambahkan nama atribut lokasi apabila target pengunjung web adalah kota tertentu yang sangat spesifik. Tetapi pastikan nama domain tetap pendek agar mudah diingat.

Last but not least, adalah top level domain (TLD). Ada beberapa TLD yang relatif popular, .com, .net, .co.id dll. TLD ini dibagi menjadi dua macam, yaitu: Generic Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD).

gTLD adalah ekstensi domain internet dengan tiga atau lebih karakter yang yang masuk kategori Domain Name System (DNS) dan dikelola oleh Internet Assigned Numbers Authority. Beberapa diantaranya adalah .com, .info, .net, .org yang bisa digunakan secara umum. Ada juga domain yang memiliki fungsi spesifik, seperti: .edu, .gov, .mil, .biz, .arpa, dll.

Sedangkan ccTLD adalah TLD yang berbasis kode negara. Indonesia memiliki .id, Amerika Serikat .us, Singapura .sg, Britania Raya .uk, dll.

Setelah tahu beberapa macam domain, sekarang saatnya memastikan ketersediaan domain. Karena kalau kalian berminat untuk membeli nama domain yang umum, bisa jadi sudah dibeli oleh orang lain.

Caranya sangat gampang. Ketik nemolab.id/domain/ lalu masukkan nama domain yang diinginkan di kotak menu yang tersedia.

Contoh domain yang akan dibeli: 101resepmasakan

Setelah klik enter, kalian akan menemukan apakah domain yang dicari masih tersedia atau tidak. Apabila muncul kotak captcha, isi sesuai dengan karakter yang tersedia.

Tampilan saran domain yang tersedia

Voila! Ada beberapa domain yang tersedia dan bisa dipilih. Klik pada domain yang ingin dibeli lalu ikuti petunjuk pembayaran. Tersedia pilihan untuk menambah hosting atau hanya membeli domain tanpa hosting.

Kini kalian telah memiliki domain pribadi! Jangan lupa untuk selalu merawat eksistensi web dengan memperbarui kontennya, dan publikasikan juga di media sosial agar makin banyak yang mengunjungi web kalian.

PT Nemolab Nusa Infomedia

Jl. Raya Baturaden, Pabuwaran, Pabuaran, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124

Telp/WA : 0811 2607 090

Pembayaran

© PT Nemolab Nusa Infomedia 2019. Developed by nemolab.id

×
×

Cart