Alasan WhatsApp Membatasi Jumlah Forward Pesan Hanya 5 Kali

Alasan WhatsApp Membatasi Jumlah Forward Pesan Hanya 5 Kali

Berita seputar fitur pembatasan jumlah forward pesan maksimal 5 kali yang diluncurkan whatsApp sempat ramai diperbincangkan. Kominfo sudah secara resmi merilis informasi tersebut pada akhir Januari lalu. Tidak hanya fitur forward limit saja, penanda “forwarded” jika sebuah pesan diteruskan juga menjadi fitur terbaru yang diluncurkan. Pembatasan ini diberlakukan setelah maraknya kasus penyebaran berita hoax yang tidak hanya terjadi di Indonesia namun juga di berbagai negara. Lalu sebenarnya apa alasan dibalik pembatasan jumlah forward pesan pada aplikasi whatsApp ini?

Kasus di India

Fitur pembatasan forward pesan ini pertama kali diterapkan di India setelah India dihebohkan dengan maraknya penyebaran berita hoax penculikan anak. Puluhan orang dihakimi massa karena dituding sebagai penculik dalam pesan yang tersebar di whatsApp, padahal mereka tidak bersalah. Bahkan terdapat korban jiwa yang tidak sedikit dalam kasus ini.

Dilansir dari detik,com, seorang pria meninggal dunia setelah dihakimi oleh 2.000 orang karena dituduh mengincar anak - anak. Faktanya, ia baru saja pulang dari luar kota dan menawarkan coklat untuk mereka. Karena sudah dianggap sangat meresahkan, pemerintah India kemudian meminta pihak whatsApp untuk mengeluarkan kebijakan baru.

Maraknya Penyebaran Hoax

Kebijakan pembatasan forward pesan pada whatsApp juga diberlakukan setelah adanya pertemuan dalam World Global Influencer Leader. Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara dengan beberapa perwakilan negara lain menyampaikan keresahannya akan penyebaran hoax dalam media sosial. Kemudian pihak WhatsApp memberi tanggapan dengan mengembangkan fitur pembatasan forward pesan karena mereka juga merasakan kegelisahan yang sama. Tujuan utama pembatasan forward pesan untuk mengurangi dan menekan batas tersebarnya obrolan, sehingga penyebaran berita hoax juga bisa ditekan jumlahnya.

Itulah alasan diberlakukannya kebijakan forward limit  pada whatsApp yang sudah berjalan dua bulan ini. Tetapi untuk pengguna IOS masih harus bersabar dulu ya karena fitur ini baru bisa dinikmati oleh pengguna OS Android. Untuk IOS masih dalam proses pengembangan. Bagaimana, apa kamu sudah mencobanya? Yuk, jadilah bagian dari pengguna media sosial yang bijak dan tidak mudah termakan hoax!

Sedikit Cerita lainnya