Alasan di Balik Integrasi Instagram, Whatsapp, Facebook Messenger

Alasan di Balik Integrasi Instagram, Whatsapp, Facebook Messenger

Setelah perusahaannya dilanda berbagai skandal, Mark Zuckerberg memiliki wacana untuk mengintegrasikan tiga aplikasi: Instagram, Whatsapp, dan Facebook Messenger. Kamu mungkin bertanya-tanya. Apakah integrasi yang dimaksud berarti nantinya hanya ada satu aplikasi dengan fitur yang mampu bertukar pesan, berbagi gambar, dan mengunggah status? Dan apa alasannya?

Seperti yang dilansir di The New York Times, nantinya tetap akan ada tiga aplikasi yang berdiri sendiri seperti saat ini. Hanya saja kamu bisa berkomunikasi lintas aplikasi. Bisa dibayangkan bagaimana perubahan besar ini akan mengubah cara berinteraksi miliaran warganet. Rencananya, proyek ini akan selesai di akhir tahun atau awal 2020.

Tetapi sebetulnya, apa ‘sih yang menjadi alasan CEO sekaligus founder Facebook ini? Integrasi ini tujuannya adalah untuk menghadirkan pengalaman terbaik dalam bertukar pesan. “Orang membutuhkan pertukaran yang cepat, sederhana, dapat diandalkan, dan personal”. Itulah mengapa Zuckerberg mendesain produk yang mengedepankan end-to-end encryption dan mempertimbangkan cara termudah untuk terhubung dengan orang terdekat.

Selain itu, penyatuan sistem ini harapannya akan mengurangi keinginan pengguna untuk beralih ke layanan pesan instan yang menjadi rival Facebook. Seperti Apple dan Google. Bisnis iklan juga bisa ditingkatkan apabila semakin banyak pengguna yang betah untuk “berlama-lama” di Facebook.

Inovasi besar seperti ini yang memang dibutuhkan Facebook. Setelah isu keamanan yang menyeruak beberapa waktu lalu, Facebook mendapat banyak kritik atas bocornya informasi pribadi pengguna. Akibatnya, terjadi penurunan pertumbuhan penggunaan Facebook. Di sisi lain secara kontras, Whatsapp dan Instagram tumbuh begitu pesat. Jadi dia percaya bahwa usaha integrasi ini akan membawa keuntungan jangka panjang untuk Facebook.

Kalau menurut kamu gimana? Setuju dengan ide Zuckerberg?

PT Nemolab Nusa Infomedia

Jl. Raya Baturaden, Pabuwaran, Pabuaran, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124

Telp/WA : 0811 2607 090

Pembayaran

© PT Nemolab Nusa Infomedia 2019. Developed by nemolab.id

×
×

Cart