7 langkah menjadi UI/UX Designer Handal

User Interface (UI) Designer tidak bisa dipisahkan dengan User Experience (UX) Designer. UI Designer memiliki tugas menentukan tampilan aplikasi dan/atau situs. Nah kalau UX Designer menentukan bagaimana suatu aplikasi dan/atau situs bisa beroperasi dengan mudah. Jika anda ingin menjadi UI/UX designer yang handal. Maka anda perlu melakukan 7 langkah ini!

1. Mengenal dasar UI dan UX design

Memiliki background dan gelar akademis di bidang UI dan UX, mungkinkan anda untuk memulai karir sebagai UI/UX designer yang handal. Namun pendidikan formal dan gelar dari universitas bukanlah suatu persyaratan mutlak. Saat ini sudah banyak sekali program kursus edukasi UX dan UI. Antara lain General Assembly, DesignLab, Udemy, Lynda, Fundamentals of UX Design dan UX Apprentice.

2. Menggunakan tools yang tepat

UI/UX design tidak selalu tentang bekerja di depan layar monitor. Anda harus mulai belajar menciptakan wireframe yang interaktif dan melakukan sesi testing kegunaan. Berikut adalah tools yang dapat anda gunakan yaitu Axure, Justinmind, Balsamiq, InVision, dan Mockplus.

3. Belajar dan melakukan latihan

Untuk belajar UI/UX anda bisa mempelajari dengan cara membaca buku tentang UI/UX design. Buku yang direkomendasikan sebagai pedoman para designer yaituThe Design of Everyday Things (Don Norman), UX for Lean Startups (Laura Klein) dan Observing User Experience (Elizabeth Goodman, dkk).

4. Mencari sumber referensi

Sebagai UI/UX designer anda perlu mencari sumber referensi ide sebanyak-banyaknya. Seseorang yang mengembangkan desain harus banyak belajar juga dari sumber-sumber seperti buku, website, Youtube, dan lain sebagainya. Sehingga menghasilkan design yang menarik dan tidak monoton.

5. Mulai bergabung dengan komunitas

Bergabunglah dengan komunitas baik itu berupa grup member, forum Facebook, ataupun lainnya. Karena disanalah anda akan mendapatkan ilmu baru dan bertukar pikiran dengan mendalami bidang profesi yang sama. Bila perlu carilah mentor untuk membantu anda dalam proses pembelajaran mengenai UI/UX design.

6. Mengikuti update mengenai design trending

Hal ini perlu diperhatikan oleh para calon UI/UX Designer, karena perkembangan desain tidak pernah ada hentinya. Desain yang baik yaitu desain yang selalu menyesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Sehingga untuk terhindar dari kata kuno anda harus selalu mengikuti perkembangan desain. Karena sebagai client atau pengguna mereka selalu membutuhkan sesuatu hal yang sifatnya kekinian atau trending.

7. Memposisikan Diri sebagai Pengguna

Anda tidak perlu terlalu terpaku terhadap kesempurnaan desain dan penataan. Karena yang terbaik adalah membuat desain aplikasi dan website yang menarik dan mudah digunakan. Cara terbaik membuat UX dan UI yang nyaman adalah memposisikan diri anda sendiri sebagai pengguna.

Menjadi seorang UI/UX designer yang handal, anda harus terus belajar dan berlatih. Oleh karena itu nemolab menyelenggarakan workshop online mengenai figma. Figma adalah desain digital dan alat prototyping. Figma merupakan aplikasi desain UI dan UX yang dapat anda gunakan untuk membuat situs web, aplikasi, atau komponen antarmuka pengguna yang lebih kecil yang dapat diintegrasikan ke dalam proyek lain. Untuk informasih lebih lanjut stay tune di Instagram nemolab @nemolabid.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website