5 Peluang Bisnis dengan Modal Kecil pada Tahun 2021

Tanpa terasa tahun akan segera berganti, dengan terjadinya pandemi di tahun 2020 memaksa kita untuk beradaptasi dengan cepat. Banyak orang dengan terpaksa mengalami PHK karena anjloknya perekonomian, namun tidak sedikit juga yang menjadikan moment tersebut menjadi titik awal memulai sebuah usaha. Berikut adalah 5 peluang bisnis yang dapat menjadi referensi anda pada tahun 2021.

1. Bisnis Pembuatan Masker

Sejak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia pada awal bulan maret 2020, seketika ketersediaan stok masker di borong oleh pihak rumah sakit maupun masyarakat luas. Fenomena tersebut menjadi titik awal lahirnya peluang bisnis untuk membuat masker berbahan kain dengan motif dan bahan yang nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Jika anda sudah memiliki kemampuan dalam menjahit, modal utama yang anda perlukan adalah mesin jahit dan kreativitas dalam memilih dan mendesain motif pada masker yang akan anda buat. Untuk pemasaran yang lebih lanjut, anda bisa bekerja sama dengan penyedia event atau jasa sewa pakaian pernikahan agar masker yang anda buat bisa menyesuaikan dengan motif dari baju pernikahan tersebut.

2. Makanan Sehat

Kesadaran masyarakat dengan gaya hidup sehat membuat permintaan akan makanan sehat ikut meningkat secara pesat. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini tidak memerlukan biaya yang tinggi. Bila anda sudah memiliki kemampuan untuk mengolah makanan, tahap selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah kualitas kemasan dari makanan tersebut.

Selain rasa dan kualitas bahan baku yang berkualitas, Anda juga harus memilih kemasan dengan spesifikasi yang aman, tahan lama, dan menarik untuk memikat para calon konsumen. Untuk proses pemasaran produk, anda dapat memanfaatkan sosial media yang anda miliki serta kerabat atau teman anda sebagai konsumen pertama dari produk makanan sehat yang anda tawarkan.

3. Jasa Titip Beli

Sejak terjadi pandemi banyak orang yang memilih untuk tidak beraktivitas di luar rumah, ditambah dengan aturan pembatasan sosial yang di keluarkan oleh pemerintah membuat ruang gerak kita menjadi terbatas. Fenomena tersebut dapat kita manfaatkan menjadi peluang usaha dengan menawarkan jasa titip beli.

Untuk memulai bisnis ini, modal yang anda perlukan hanyalah kendaraan pribadi dan waktu luang. Anda bisa menawarkan jasa ini kepada kerabat dan teman-teman anda yang membutuhkan keperluan pribadi namun enggan keluar rumah karena satu atau lain hal. Keuntungan yang diperoleh dari bisnis ini bisa dari ongkos kirim atau selisih harga produk yang anda beli.

4. Jasa Mengajar Online

Dengan ditutupnya sekolah dan kampus semenjak terjadi pandemi, membuat peluang bisnis ini laris dipasaran. Jika anda memiliki kemampuan dan ahli dalam bidang Ilmu pengetahuan tertentu, peluang bisnis ini harus anda coba. Anda bisa menjual jasa dengan mengajar secara online baik berupa rakaman video ataupun menjadi narasumber webinar, modal yang anda butuhkan cukup perangkat penunjang seperti Laptop dan jaringan internet yang stabil.

Untuk pemasaran sendiri, banyak tersedia platform yang memungkinkan anda untuk menyimpan sekaligus menjualnya secara langsung video pembelajaran yang sudah anda buat. Manfaatkan juga media sosial yang anda miliki sebagai platform untuk mempromosikan agar orang lain mengetahuinya. Fenomena ini banyak dilakukan para ahli dan menjadi salah satu sumber penghasilan yang sangat menjanjikan.

5. Pupuk kompos

Peluang usaha yang terakhir adalah menjual pupuk kompos. Tren yang meningkat pesat pada tahun 2020 selain bersepeda adalah kegiatan bercocok tanam. Banyak masyarakat yang mulai kembali menggemari kegiatan ini selama berdiam diri di rumah. Untuk memulai bisnis ini anda cukup membutuhkan halaman rumah yang cukup luas dan memanfaatkan sampah rumah tangga yang anda hasilkan sebagai bahan baku pembuatan pupuk kompos.

Usaha ini juga dapat berkembang menjadi usaha lain seperti budidaya ikan, hewan ternak hingga menanam sayuran organik. Beberapa teman saya sudah mencoba melakukan bisnis ini, dan mengalami kemajuan yang cukup pesat. Dimulai dari membuat dan menjual pupuk kompos hingga sekarang ternak kelinci dan menanam sayuran organik.

Kesimpulan

Tahun 2020 memang meninggalkan kesan yang amat sangat menyakitkan dalam pikiran kita. Mulai dari jutaan orang yang meninggal karena terpapar virus Covid-19 hingga hilangnya lapangan pekerjaan karena keadaan ekonomi dunia yang kacau balau. Namun selalu ada hikmah di balik peristiwa yang dapat kita jadikan pelajaran dan peluang untuk memulai usaha baru apapun jenisnya.

Yang kita perlukan adalah membuat langkah awal dan terus beradaptasi agar dapat bertahan dari segala halangan dan rintangan yang terjadi. Maka dari itu apapun jenis usaha yang anda jalani, buatlah bisnis tersebut masuk ke dunia digital. Karena dengan membuat bisnis anda digital maka bisnis tersebut akan bertahan dan selalu menyesuaikan diri dengan keadaan zaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website