4 Tools untuk Mengukur Performa Website Kamu

Bagi kamu yang memiliki website, mempunyai banyak pengunjung adalah sebuah impian. Dan untuk mewujudkan impian itu, diperlukan perubahan agar website lebih menarik, salah satunya adalah mengecek apakah website kamu sudah bisa diakses dengan cepat atau belum. Karena mau semenarik apapun website kamu, kalau loadingnya lama pasti membuat pengunjung tidak nyaman.

Nah, berikut ini akan dijelaskan beberapa tools terbaik untuk mengecek kecepatan website kamu.

1. GTMetrix

GTMetrix menyediakan fitur yang cukup lengkap untuk menganalisis waktu loading website kamu. Indicator yang digunakan cukup spesifik dan kamu juga bisa mengetahui apa saja yang membuat website kamu lambat.

Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, kamu bisa mengganti lokasi dan perangkat yang digunakan untuk tes.

Fitur Unggulan:

  • Mempunyai indicator yang lengkap untuk menganalisis permasalahan kecepatan website
  • Bisa mengatur lokasi dan perangkat tes

2. Pingdom

Pingdom dapat mengetes kecepatan website kamu dari berbagai lokasi, mulai dari Asia, Eropa, Australia, dan Amerika Utara. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui factor penghambat kecepatan websitemu berdasarkan hasil analisisnya. Misalnya seperti ukuran gambar yang terlalu besar atau masalah request HTTP.

Fitur Unggulan:

  • Bebas mengatur lokasi di berbagai benua
  • Sumber masalah kecepatan website dapat dilihat dari hasil analisis
  • Terdapat table yang menunjukkan daftar file yang memberatkan website

3. WebPageTest

WebPageTest dapat digunakan untuk melihat kecepatan loading website dan juga melihat bagian dari website yang menghambat laju kecepatannya.

Nanti hasil testnya akan diukur sebanyak tiga kali agar kamu bisa mengetahui berapa rata-rata kecepatan loading websitenya.

Fitur Unggulan:

  • Hasil test kecepatan diukur tiga kali
  • Bisa mengubah lokasi tes dan browser yang digunakan
  • Google PageSpeed Insights

4. PageSpeed Insights

PageSpeed Insights mengukur kinerja suatu web pada perangkat mobile atau desktop. Tools bauatan google ini akan membantu menganalisis isi websitemu. Skor PageSpeed berkisar antara 1-100. Semakin tinggi skornya, maka semakin baik kinerja web tersebut.

Selain itu, tools ini juga akan menjelaskan bagian apa saja yang perlu diperbaiki agar performanya terus meningkat.

Fitur Unggulan:

  • Mudah digunakan
  • Interface yang simple
  • Hasil analisis bisa untuk desktop dan mobile

Itulah 4 tools yang bisa kamu gunakan untuk mengukur performa website. Jika kamu belum mempunyai website, tidak perlu khawatir karena Nemolab siap membantu kamu membuat website terbaik dengan harga yang terjangkau. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website