4 Tips Meningkatkan Keamanan Website

Sumber gambar : pgnitem.com

Adanya internet tentunya memberikan banyak kemudahan di dalam hidup ini. Berbagai jenis aktivitas kini bisa dilakukan secara online. Namun hadirnya internet juga memberikan tantangan tersendiri bagi para penggunanya terutama para pemilik website. Secara umum tantangan yang dihadapi yaitu terkait dengan data-data penting yang terdapat dalam sebuah website. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa website tentunya memuat banyak informasi maupun file-file penting yang harus dilindungi. Oleh karena itu muncul lah istilah website security alias keamanan website yang artinya sebuah upaya untuk melindungi dan menjaga website dari serangan virus maupun hacker yang terkoneksi melalui sebuah jaringan. Adanya tantangan tersebut membuat para pemilik website mau tidak mau untuk lebih memperhatikan dan meningkatkan sistem keamanan website. Berikut ini empat tips yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan data penting di website mu.


1. Menggunakan TSL


Dilansir dari wikipedia, Transport Layer Security (TLS), dan pendahulunya yang sudah usang, Secure Sockets Layer (SSL), adalah protokol kriptografi yang dirancang untuk memberikan keamanan komunikasi melalui jaringan komputer. Protokol TLS bertujuan terutama untuk memberikan privasi dan integrasi antara dua atau lebih aplikasi komputer yang berkomunikasi. Penggunaan Protokol TLS mempermudah berkomunikasi melalui jaringan dengan cara yang dirancang untuk mencegah penyadapan dan gangguan.

2. Back Up Data


Data adalah hal terpenting pada website. Oleh karena itu, perlu ada tindakan khusus untuk mengamankan demi mengantisipasi kemungkinan terburuk. Hal tersebut terjadi bisa saja akibat hujan error, server down, ruang penyimpanan rusak atau  yang lainnya. Sehingga pemilik website harus melakukan langkah preventif berupa membackup seluruh data penting untuk menghindari kehilangan data tersebut. Kamu sebagai pemilik website perlu mencadangkan data secara berkala, mulai harian, mingguan, hingga bulanan ke lokasi penyimpanan yang dianggap aman.

3. Pembaruan dan Maintenance Website


Pembaruan website salah satu bentuk upaya maintenance supaya suatu website tetap menjalankan fungsinya dengan baik. hal tersebut dapat dilakukan pada profil, fitur, dan informasi-informasi lainnya. Menciptakan website yang baik bukan hanya dengan membuat website saja, tetapi juga harus memelihara secara berkala. Hal tersebut dilakukan demi meningkatkan keamanan pada website. Maintenance website adalah tindakan untuk memastikan seluruh komponen website masih berjalan sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya.

4. Gunakan Layanan Hosting Terpercaya


Dikutip dari Wikipedia, Web hosting adalah suatu layanan bagi user yang berguna untuk menyimpan informasi, gambar, video dan beberapa konten lainnya yang akan diakses via website. Agar website kita bisa online di dunia maya, maka website membutuhkan layanan hosting. Ketika memiliki website sendiri, tentu kamu akan mengisi website dengan berbagai informasi dan data penting untuk melengkapi baik profil, tampilan, informasi, maupun fitur yang nantinya akan digunakan oleh pengunjung di website. Oleh karena itu, kamu harus memilih hosting terpercaya untuk dapat memastikan keamanan website.

Itulah empat tips yang bisa dilakukan untuk mengamankan website mu. Menciptakan website tidak bisa hanya dengan membuat website saja tetapi juga harus menerapkan keamanan website agar bisa berkembang dengan baik. Nemolab hadir menyediakan jasa layanan hosting terpercaya untuk meningkatkan keamanan website mu. Informasi lebih lanjut silahkan kunjungin nemolab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website