2020 : Siswa SD di Singapura Wajib Belajar Koding

2020 : Siswa SD di Singapura Wajib Belajar Koding

Mulai tahun depan, pemerintah Singapura berencana untuk mewajibkan siswa level Sekolah Dasar (SD) kelas 4 - 6 untuk belajar koding. Sudah beberapa tahun terakhir, negara paling maju di Asia Tenggara ini memang sedang menggalakkan program melek teknologi untuk seluruh lapisan masyarakatnya. Program untuk anak Sekolah Dasar ini diberi nama Code For Fun (CFF). Sebagai implementasi awal, nantinya program wajib belajar koding ini akan diberlakukan selama 10 jam yang memuat tentang pemrogaman, artificial intelligence dan teknologi canggih lainnya.

Sudah Menjadi Program Opsional Sejak 2014

Dikutip dari kumparan.com, ternyata bukan hanya anak - anak saja. Mulai September mendatang para lansia juga diberi pelatihan khusus menggunakan smartphone dan media sosial di klinik digital yang sudah disediakan. Yang lebih menarik lagi, program membuat masyarakatnya melek teknologi ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2014. Tetapi saat itu masih bersifat opsional, belum menjadi program wajib.

Selain mewajibkan program wajib belajar koding untuk siswa SD, Kementerian Komunikasi Informatika (Kominfo) Singapura juga akan merelease Singapore Cyber Youth Progamme. Program ini ada di bawah Cyber Securiy Agency (CSA), lembaga dibawah Kominfo. Nantinya Singapore Cyber Youth Programme ditujukan untuk siswa sekolah dan mahasiswa perguruan tinggi. Dikutip dari inet.detik.com, program ini akan terlihat menarik karena dibungkus dengan konsep acara boot camp, kompetisi hingga mentoring.

Baca Juga : Pahami Fitur FB Ads Ini Untuk Meningkatkan Bisnis Kamu

Lebih lanjut, program dengan target peserta 10.000 anak muda dalam tiga tahun kedepan ini berharap nantinya peserta akan mendapatkan pengetahuan mengenai cybersecurity dengan baik secara teknis maupun terapan. Nah menurut kamu, apakah Indonesia juga bisa menerapkan program ini untuk siswa Sekolah Dasar? Coba tulis pendapat kamu dikolom komen ya!

Baca Juga Keseruan Green Literacy Camp 2019 di sini

Sedikit Cerita lainnya