2019 : Tahun Kembalinya Popularitas Linux

2019 : Tahun Kembalinya Popularitas Linux

Sebagai open source yang popular Linux memang selama ini sudah banyak digunakan sebagai pilihan server yang aman dan handal. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa perusahaan teknologi di dunia sebagian besar basis servernya menggunakan Linux. Tetapi, ternyata terdapat beberapa hal yang membuat popularitas OS ini kini kembali “melejit” di tahun 2019. Berikut beberapa alasan kenapa 2019 menjadi tahun kembalinya popularitas Linux :


1. Semua Chromebook akan menjalankan aplikasi Linux

Google beberapa waktu lalu mengumumkan kabar menyenangkan bagi para pengguna chromebook. Nantinya semua chromebook yang diproduksi oleh Google akan mendapat dukungan Linux secara default untuk mengakses semua aplikasi.  Dilihat dari kemampuannya, tidak menutup kemungkinan Android nantinya juga dapat mengakses secara default. Mantap nggak, tuh?

2. Windows mendapat kernel bawaan untuk Linux

Dikutip dari winpoin.com, Windows 10 akan segera mendapatkan kernel Linux bawaan. Kernel ini nantinya ditujukan untuk mendukung Windows Subsystem untuk Linux 2 (WSL 2). Keuntungannya? Kamu bisa menggunakan banyak aplikasi di Windows 10.

Klik link berikut untuk melihat promo terbaru dari Nemo!

Selain dua informasi tadi, Nemo juga punya alasan kenapa kamu perlu beralih ke Linux sekarang juga. Ini alasannya :


1. Gratis dan Aman dari Virus

Kelebihan Linux yang sangat perlu kamu pertimbangkan adalah ini, sifatnya yang open source , yang berarti completely-free. Bukan hanya lisensinya saja yang gratis, beberapa aplikasi juga bisa kamu unduh tanpa biaya. Dengan begitu resiko OS bajakan juga sangat minim jika dibandingkan OS lainnya yang membutuhkan biaya untuk mendapatkan versi originalnya. Tapi bukan berarti semuanya gratis ya, masih ada beberapa komponen lainnya yang berbayar.

Meskipun begitu, mereka tetap mengutamakan jaminan keamanan penggunanya dari serangan seperti virus, malware, trojan, dan sejenisnya. Mereka juga sangat menjaga penggunanya dengan tidak akan membuat dan mengupload aktifitas yang kamu lakukan pada OS ini. Hal tersebut menjadi bukti bahwa meskipun gratis tapi bukan OS yang “murahan” ya.

2. Ringan dan Mudah Digunakan

Spesifikasi laptop kamu minim? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menggunakan Linux di laptop kamu kok. Banyak distro yang memiliki hardware requirements yang minim tanpa kehilangan kecepatan dan tetap full-featured. Kini dengan tampilannya yang mudah, OS ini juga sudah sangat bisa dinikmati oleh pemula. Dikutip dari idntimes.com, hal ini karena Linux sudah mempunyai GUI yang modern yang menyediakan desktop environment yang modern dan mudah digunakan.

3. Bisa Disesuaikan Dengan Kebutuhan

Alasan terakhir kenapa kamu perlu beralih ke OS yang pertama kali dibuat pada tahun 1991 ini karena mereka menawarkan manajer paket yang mudah digunakan dan membantu menginstall atau uninstall aplikasi perangkat lunak yang diinginkan. Artinya, kamu bisa memilih distro mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Tidak hanya itu, OS dengan lambang pinguin ini juga memberikan fasilitas berupa tampilan desktop yang tentunya berjalan lebih cepat dibanding rivalnya, Windows.

Bagaimana? Apakah informasi di atas sudah cukup membuat kamu tertarik beralih menggunakan Linux untuk aktivitas sehari – hari? Atau kamu memiliki argumen dan informasi lainnya seputar OS ini? tulis pendapat kamu pada kolom komen di bawah ini ya!

PT Nemolab Nusa Infomedia

Jl. Raya Baturaden, Pabuwaran, Pabuaran, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124

Telp/WA : 0811 2607 090

Pembayaran

© PT Nemolab Nusa Infomedia 2019. Developed by nemolab.id

×
×

Cart